Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Sekolah Dasar di Kelas Tinggi

Bagikan

Sahabat Sekolah Dasar, pembelajaran untuk mendukung keterampilan pemecahan masalah penting bagi peserta didik. Mengapa demikian? karena keterampilan yang satu ini tidak hanya berkaitan dengan intelektual suatu individu, melainkan juga berkaitan dengan keterampilan sosial dan emosional yang akan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menerapkan strategi pembelajaran ini ada beberapa langkah yang perlu Sahabat Sekolah Dasar lakukan, diantaranya yaitu:

1. Membaca dan Berpikir tentang suatu masalah : merupakan proses yang mencakup beberapa kegiatan penting, seperti mengidentifikasi fakta, menemukan pertanyaan yang sesuai, membayangkan situasi yang dijelaskan, serta menjelaskan konteks informasi yang diberikan.

2. Ekplorasi dan Merencanakan Solusi : memerlukan serangkaian kegiatan untuk tindakan menyusun atau mengatur informasi penting yang diperoleh, menghilangkan informasi yang tidak diperlukan, membuat model atau ilustrasi dari masalah yang dihadapi, dan menyajikan informasi dalam bentuk diagram, tabel, atau gambar yang mempermudah pemahaman.

3. Menentukan Strategi yang Akan Digunakan : peserta didik menentukan cara terbaik untuk menyelesaikan masalah. Mereka Menyusun pola dalam data, mencoba berbagai metode atau pendekatan, melakukan simulasi atau eksperimen, menyederhanakan masalah, membuat daftar langkah-langkah secara terurut, mengelompokkan masalah menjadi bagian yang lebih sederhana untuk dipecahkan.

4. Menemukan dan Memecahkan Masalah Tersebut : melibatkan penggunaan berbagai kemampuan matematika dan berpikir kritis. Hal ini mencakup memprediksi hasil, menggunakan keterampilan perhitungan, menerapkan prinsip aljabar atau geometri, serta menggunakan alat seperti kalkulator jika diperlukan untuk mempercepat proses.

5. Merefleksikan dan Mengembangkan Hasilnya : mencakup meninjau kembali jawaban yang diberikan, mempertimbangkan alternatif solusi, mengambil informasi atau konsep jawaban untuk situasi yang serupa, mendiskusikan hasil dengan teman kelas, dan bahkan menciptakan bentuk masalah baru berdasarkan masalah asal untuk memperluas pemahaman dan keterampilan mereka.

Demikian beberapa langkah pembelajaran pemecahan masalah, apakah Sahabat Sekolah Dasar sudah ada yang menerapkan sebelumnya?

Keterampilan pemecahan masalah membantu memperkaya pengalaman belajar mereka secara menyeluruh dengan melibatkan mereka dalam proses aktif mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah yang bervariasi, sehingga memungkinkan mereka untuk memahami konsep-konsep dengan lebih dalam dan mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam konteks yang relevan dan bermakna

Referensi

Huang, S. Y., Kuo, Y. H., & Chen, H. C. (2020). Applying digital escape rooms infused with science teaching in elementary school: Learning performance, learning motivation, and problem-solving ability. Thinking Skills and Creativity, 37(November 2019), 100681. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100681
Siregar, B. H., & Kairuddin. (2020). Development of students activities sheet (SAS) of linear programming based on Krulik dan Rudnick problem solving to improve problem solving abilities. Journal of Physics: Conference Series, 1462(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012029
Penulis : Enzi/Guru
Editor : Amalia, Harmanto, Kurniawan, Hildha

Sumber: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pembelajaran-berbasis-pemecahan-masalah-sekolah-dasar-di-kelas-tinggi